Kamis, 10 Agustus 2017

Posisi Tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pentingkah Mengatur Posisi Tidur Saat Hamil?




Bagi ibu hamil, pengaturan posisi tidur sangatlah penting. Salah satunya, Ibu tidak disarankan untuk tidur dalam posisi terlentang. Pasalnya, tidur terlentang saat hamil dapat mengurangi suplai oksigen pada bayi di dalam rahim.
Seperti yang disampaikan oleh pakar kehamilan dan kandungan dari Amerika Serikat, dr. Richard Henderson, ketika ibu hamil berbaring terlentang, beban dari rahim akan memperlambat sirkulasi darah ke area jantung. Akibatnya, jantung jadi kesulitan memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk janin. Padahal, darah dibutuhkan oleh janin sebagai sumber oksigen serta zat gizi.
Selain membahayakan bayi, tidur terlentang saat hamil juga bisa menimbulkan berbagai risiko. Beberapa di antaranya adalah nyeri punggung, pusing, wasir (hemorrhoid), sulit bernapas, tekanan darah rendah (hipotensi), dan gangguan pencernaan.
Maka dari itu, biasakanlah untuk tidur dengan posisi menyamping yang tak hanya aman, juga meminimalisasi adanya tekanan pada janin.

Tidur dengan Posisi Menyamping

Posisi tidur ibu hamil muda yang sangat disarankan adalah posisi tidur dengan posisi menyamping. Posisi menyamping ini cukup aman untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Tidur dengan posisi menyamping ke sebelah kiri akan memberikan beberapa keuntungan untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Janin akan mendapatkan aliran darah dan nutrisi secara maksimal ke plasenta. Selain itu, karena vena cava inferior di sebelah kanan maka akan mengembalikan aliran darah ke jantung dari bagian tubuh bawah.

Selain itu, posisi tidur menyamping ke sebelah kiri akan membantu melancarkan pekerjaan ginjal dalam membuang zat sisa dan juga cairan dari dalam tubuh Ibu. Hal ini akan mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maag Bisa Mengancam Nyawa Anda

Penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang bukannya penyakit ringan saja, karena penyakit ringan juga bisa menjadi penyakit ya...